Sejarah Dan Perkembangan PHP Serta Keunggulan Dan Kekurangannya

PHP mungkin lebih dikenal oleh masyarakat awam sebagai sebutan untuk seseorang yang tidak menepati janji, namun berbeda dengan PHP dalam bidang teknologi internet yang merupakan suatu sistem program. PHP memiliki sebuah posisi penting pada sebuah website karena memegang peranan akan tampilan akhir dari website dan menjadi keahlian wajib seorang programmer.

Sejarah PHP

php

PHP merupakan akronim dari Personal Home Page atau sederhananya website pribadi yang diciptakan pertama kali pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. Fungsi dari PHP itu sendiri adalah sebagai enskripsi data pengolahan sebuah situs web supaya dapat memberikan tampilan yang apik supaya pengunjung situs pun merasa nyaman berlama-lama menjelajah.

Perkembangan PHP

rasmus lerdorf

Setelah kurang lebih dua tahun menyimpan metode enskripsi tersebut untuk pribadi, Rasmus Lerdorf akhirnya merilis PHP untuk publik sehingga masyarakat umum dapat turut berpartisipasi untuk pengembangan program tersebut. Banyak pakar IT yang kemudian menyumbangkan diri dalam pengembangan PHP hingga kemudian sebuah perusahaan IT, Zend, menjadi partisipan teraktif.

Zend lantas menjadi satu-satunya partisipan yang bertahan hingga saat ini dalam pengembangan program PHP. Dimulai pada 1998, di mana mereka dipercaya sebagai pengembang versi pembaharuan PHP terbaik melalui perilisan program tersebut dengan nama PHP 3.0, dan saat ini telah memasuki versi 7.1.2 yang baru saja dirilis pada 2017 yang lalu.

Tetapi hingga saat ini, versi PHP yang paling banyak digunakan masih PHP 4.0 yang dirilis pada tahun 2004, karena meskipun sudah berlalu lebih dari satu dekade sejak launching, PHP 4.0 masih dianggap sebagai versi yang paling stabil dibandingkan dengan versi-versi lain yang masih memiliki bug atau celah sistem.

Keunggulan Program PHP

sejarah php

Berbicara mengenai keunggulan dari program PHP, tentu sangatlah banyak. Jika tidak, mustahil penggunaannya semakin meningkat seiring waktu berlalu dan tidak terkalahkan oleh program-program lain yang diluncurkan oleh para kompetitor. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh program PHP jika dibandingkan dengan program serupa lain :

  1. PHP merupakan program enskripsi yang paling mudah dipahami saat ini, sehingga pemula dalam dunia IT pun dapat mempelajarinya dengan cepat.
  2. Developer atau pengembang untuk program PHP sangat banyak, sebab itu mudah jika ingin meluncurkan sebuah website atau situs dengan program enskripsi PHP.
  3. Konfigurasi program PHP mudah, sehingga mendapatkan servernya pun tidak sulit yang akan memudahkan dalam proses pengerjaan.
  4. PHP merupakan program dengan dasar open source atau terbuka untuk pengembangan, sebagaimana sejatinya sama dengan Android, meskipun untuk Android masih memiliki beberapa peraturan. Baik untuk Linux, Windows, hingga game konsol pun dapat menerapkan enskripsi PHP ini secara gratis.
  5. Hasil tampilan akhir sebuah website atau situs yang dibekali dengan dasar enskripsi PHP tampak begitu dinamis, sehingga menaikkan minat dari penjelajah internet untuk berkunjung.

Kelemahan Program PHP

Ada keunggulan, tentu saja program PHP pun memiliki beberapa kelemahan. Terlebih mengingat sejatinya PHP merupakan sebuah sistem enskripsi gratis yang dapat diakses oleh siapa saja yang meningkatkan resiko munculnya bug dalam pengoperasian. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari enskripsi PHP :

  1. Dapat diakses siapa pun, maka program PHP pun dapat diotak-atik oleh oknum tidak bertanggung jawab juga. Celah enskripsi PHP sangat tinggi sehingga programmer yang mendesain situs juga wajib menyiapkan pengamanan ekstra, terutama jika web tersebut bertujuan untuk transaksi online.
  2. Program PHP yang didapat secara gratis belum ter-encode. Jika ingin mendapatkan alat encoding harus membeli dari Zend dengan nominal yang cukup mahal.
Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •